31
Jan
09

SILENCE

silencethumbnailBerlatar belakang Jepang abad ke-17, periode Edo, Silence mengisahkan perjalanan nasib Sebastian Rodrigues, Yesuit Portugis yang dikirim ke Jepang untuk membantu Gereja setempat dan untuk mencari tahu keadaan gurunya, Ferreira, yang dikabarkan telah murtad karena tidak tahan menanggung siksaan. Pada zaman ketika Kristianitas dilarang keras di Jepang, dan para penganutnya dikejar-kejar, dipaksa menjadi murtad, dan dibunuh, bukan hal mudah bagi Rodrigues untuk bertahan, apalagi Tuhan yang selama ini dianggapnya sumber kasih seolah bungkam dan hening (Silence), tidak berbuat apa-apa.

Pada akhirnya, pertanyaan yang utama adalah: sanggupkah manusia mempertahankan keyakinannya di tengah masa-masa penuh penganiayaan? Benarkah Tuhan hanya diam berpangku tangan melihat penderitaan?

Sungguh sebuah pertanyaan yang menarik buat saya. Begitu mudah berkata, “Jesus, I Love You” pada saat memberikan kesaksian atau memberikan pengajaran di persekutuan doa atau gereja. Namun, bagaimana kalau kita mengalami hal yang terjadi pada Rodrigues? Hmm..Jujur saja, saya sendiri tidak tahu harus berbuat apa. Sungguh sebuah pilihan yang berat, apalagi menghadapi penyiksaan yang lebih mengerikan daripada kematian itu sendiri.

Buku ini benar-benar membuka pikiran & hati saya. Ternyata iman saya kepada Tuhan masih begitu kecil…. Lebih kecil dari partikel terkecil yang  ada di bumi ini rasanya. Kalau di Alkitab, Yesus bilang kalau kita mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, maka dapat memindahkan gunung. Nah, sepertinya iman memang saya belum sebesar biji sesawi, karena sampai saat ini saya masih belum bisa memindahkan gunung,hehehe….

Buat yang penasaran dengan novelnya, edisi Indonesianya sudah terbit & bisa dibeli di Gramedia. Recommended book nih!  ^____^

45-08-26907_t

 

 

 

 

 

FYI:  Silence kabarnya akan dibuat filmnya, dengan sutradara Martin Scorsese, yang rencananya akan beredar tahun 2010. Hmm..Tak sabar menanti filmnya dirilis. 

Oh ya, satu hal lagi kalau mau tahu tentang Shusaku Endo, pengarang Silence bisa klik disini: http://www.davidkopp.com/reading/silence.htm

atau    http://en.wikipedia.org/wiki/Shusaku_Endo

 

AMDG


0 Responses to “SILENCE”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


January 2009
M T W T F S S
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Twitter Updates


%d bloggers like this: